Senin, 07 April 2014

Ganja Laku Keras di Colorado

Ganja laku keras di Colorado

Lgnpancoran.blogspot.com - Penjualan ganja meningkat di Negara BagianColorado, Amerika Serikat, setelah wilayah itu menjadi negara bagian pertama melegalkan ganja.

Diperkirakan pemerintah Colorado mampu meraup pajak senilai Rp 1,5 triliun dari penjualan produk ganja, seperti dilansir majalah TIME, Kamis (21/2).

Gubernur Colorado John Hickenlooper mengharapkan sedikitnya pendapatan daerah bisa mencapai Rp 1,1 triliun pada periode fiskal 2014-2015. Dana itu, kata dia, akan digunakan untuk menjalankan sejumlah program pencegahan konsumsi ganja bagi anak di bawah umur dan membangun sekolah-sekolah.

"Prioritas kami adalah menciptakan lingkungan di mana dampak buruk ganja bagi anak-anak bisa sepenuhnya dihindari," kata Hickenlooper dalam suratnya kepada tim penyusun anggaran di legislatif.

Pemerintah Colorado menetapkan pajak 2,9 persen bagi produk ganja untuk bahan obat-obatan. Sedangkan pajak 10 persen diterapkan untuk produk ganja diperjualbelikan di toko-toko. Untuk penjualan ganja dari petani ke pedagang ritel ditetapkan pajak 15 persen.

Dengan skema penerapan pajak seperti itu pemerintah Colorado membidik pendapatan sebesar Rp 1,3 triliun dari produk ganja dibeli konsumen di toko dan Rp 186 miliar dari produk obat-obatan.

0 komentar:

Posting Komentar