Sabtu, 08 Maret 2014

ATURAN HUKUM PENJUALAN GANJA REKREASI DIUMUMKAN DI COLORADO

Pemerintah Colorado merilis laporan sebanyak 60 halaman yang merinci aturan hukum tentang bagaimana ganja rekreasi diatur lisensi dan penjualanya di Colorado.

Colorado Legalisasi Ganja - Indoganja.com
Departemen luar negeri AS melaporkan bahwa aturan yang sangat spesifik akan ditetapkan untuk perizinan ganja rekreasi di Colorado. Lisensi akan diberikan kepada toko penjual ganja ritel mengenai cara mereka beroperasi, testing produk, pemasaran dan pelabelan produk ganja.

Label harus sesuai dengan persyaratan tata bahasa yang sesuai aturan yang berlaku termasuk informasi mengenai potensi, jumlah kandungan THC dalam produk, petunjuk cara penggunaan produk, daftar lengkap non-organik pestisida, fungisida dan herbisida yang digunakan selama budidaya dan masih banyak lagi aturan lain tergantung pada jenis produk yang dijual.

Semua produk ganja ritel harus berisi pernyataan peringatan seperti ini:
  1. Kemungkinan ada risiko kesehatan yang berhubungan dengan konsumsi produk ini.
  2. Produk ini ditujukan untuk digunakan oleh orang dewasa berusia 21 tahun keatas. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  3. Produk ini dinyatakan melanggar ketentuan hukum di luar negara bagian Colorado.
  4. Produk ini masuk kedalam penjualan retail ganja.
  5. Produk ini dibuat tanpa pengawasan peraturan untuk kesehatan, keselamatan atau khasiat.
  6. Efek intoksinasi produk ini kemungkinan akan terasa setelah dua jam atau lebih.
Pembeli ganja rekreasi harus melampirkan foto copy KTP yang dikeluarkan pemerintah untuk membuktikan bahwa mereka telah berusia 21 tahun keatas.

Colorado Legalisasi Ganja - Indoganja.com
Orang dewasa di Colorado yang berusia 21 tahun keatas akan dibatasi jumlah maksimum pembelian ganja hingga 1 ounce (28gram) untuk penggunaan rekreasi dari toko ganja khusus yang berlisensi. Toko tersebut akan menjual item ganja seperti pipa dan aksesoris. Warga negara bagian Colorado juga akan diizinkan menanam tanaman ganja hingga 6 batang pohon di rumah mereka untuk penggunaan pribadi. Turis yang berusia dewasa di Colorado dibatasi untuk membeli paling banyak ¼ ounce.

Departemen luar negeri juga berniat untuk menyiapkan sistem pelacakan penjualan benih yang akan membuat semua produsen ganja dan penjual bertanggung jawab untuk setiap tanaman yang mereka diproduksi dan dijual.

Peraturan ini membuat ganja menjadi produk yang sama seperti sepotong roti atau obat sinus yang tersedia di konter obat ketimbang sebagai produk narkoba.

Sebuah deskripsi yang menggetarkan sentimen tentang ganja diucapkan oleh Mason Tvert, direktur Marijuana Policy Project sekaligus direktur komunikasi pada kampanye Yes on Amendment 64 di Colorado pada bulan Mei:

"Tembakau membunuh sekitar 400.000 orang di Amerika per tahun, alkohol membunuh 40.000 orang di Amerika dan ganja tidak pernah membunuh satu manusia pun dalam sejarah," kata Tvert. "Pernyataan ini bukan bermaksud untuk mengatakan bahwa ganja tidak harus diatur dan dikendalikan, tetapi pernyataan ini hanya untuk mengatakan kepada orang-orang yang bereaksi negatif sementara kebijakan ini masih baru. Kita harus memperlakukan produk ganja ini seperti produk lainnya, yang sebenarnya merupakan produk yang relatif lebih aman bagi jutaan orang dewasa yang menggunakannya secara bertanggung jawab."

Penjualan ganja rekreasi di Colorado tidak akan dimulai sebelum tanggal 1 Januari 2014.

Pada bulan Mei 2013, Gubernur Colorado, John Hickenlooper menandatangani pengesahan Amandemen 64 (Regulate Marijuana Like Alcohol) yang merupakan peristiwa bersejarah yang menerapkan legalisasi ganja di negara bagian Amerika Serikat tersebut. Ini menjadikan Colorado sebagai negara pertama di dunia yang secara hukum mengatur dan mengenakan pajak penjualan ganja untuk orang dewasa.

Negara bagian Washington, sebagai negara bagian AS yang berhasil melegalkan ganja untuk penggunaan rekreasi bulan November 2012 lalu, juga tengah mempersiapkan aturan hukum terkait penjualan ritel ganja untuk diterapkan tahun depan.
Info: http://indoganja.com/

0 komentar:

Posting Komentar