Sabtu, 08 Maret 2014

PERAYAAN HARI GANJA DI COLORADO, AS

Peringatan hari ganja di Colorado dihadiri sekitar 80.000 orang, lebih dari jumlah yang dibayangkan sebelumnya. Suara tembakan meletus di pusat kota Denver pada perayaan yang jatuh di Sabtu 20/4 dan telah melukai dua orang yang tengah berada di kerumunan ribuan massa di negara bagian Amerika Serikat yang baru saja melegalkan ganja itu.Tapi insiden tersebut akhirnya bisa diatasi pihak keamanan dan penyelenggara.


Perayaan hari ganja tahun ini telah menarik massa sebanyak 80.000 orang sejak terjadinya perubahan undang-undang kepemilikan ganja di Colorado dan Washington yang membuat ganja legal digunakan untuk tujuan rekreasi.

420 Denver, Colorado 2013

Polisi dikerahkan untuk mengamankan jalannya perhelatan tahunan ini. Namun sampai akhir acara pihak yang berwenang tidak melakukan satu pun penangkapan, walaupun secara umum mereka melihat banyak orang-orang yangmenghisap ganja di ruang publik selama berjalannya even 420 ini, yang mana hal itu masih ilegal.

Polisi mengatakan bahwa mereka fokus pada keamanan disekitar kerumunan terutama setelah terjadinya serangan yang menewaskan tiga orang di garis finish pada aksi marathon di Boston.

420 Denver Colorado Firts Marijuana Legal

Rapper Lil' Flip sedang melakukan aksi panggungnya ketika penembakan terjadi. Seorang saksi bercerita, sebelum penembakan terjadi, musik reggae tengah mengalun di udara bersama dengan semerbak aroma ganja, demikian suasana yang terjadi saat itu.

Tahun lalu weed day 420 dihadiri sekitar 50.000 orang. Tapi tahun ini adalah perayaan hari ganja pertama sejak Colorado dan Washington mensahkan legalisasi ganja untuk rekreasi.

Akan tetapi Colorado dan Washington masih harus menunggu respon pemerintah federal untuk mengatur peredaran dan penjualan ganja secara komersial, yang sampai saat ini masih diberikan terbatas hanya untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Sementara ini aturan yang berlaku, pengguna ganja bebas untuk saling berbagi dan menggunakan ganja dalam jumlah yang kecil.

Smart Colorado, sebuah kelompok advokasi yang menentang legalisasi ganja memperingatkan masyarakat dalam sebuah pernyataan bahwa acara 420 telah "mengirim pesan yang jelas kepada seluruh bangsa dan dunia bagaimana wajah Colorado sebenarnya."

"Apakah perilaku para peserta dalam acara ini mencerminkan seperti apa wajah negeri kita?" demikian Henny Lasley, ketua Smart Colorado mempertanyakan.

Perayaan Denver tahun ini juga menampilkan even Cannabis Cup, kompetisi ganja yang baru saja digelar di Amsterdam. Cannabis Cup mirip seperti festival kompetisi anggur dan bir, yang mana para petani bersaing untuk rasa, penampilan dan potensi ganja yang mereka bawa. Acara 420 day di Denver ini disponsori oleh majalah High Times, yang telah berhasil menjual lebih dari 5.000 tiket.

Snoop Lion, artis rap yang terjun ke musik reggae dan menjadi ikon pecinta ganja menerima penghargaan "Lifetime Achievement Award" dari majalah High Times. Kelompok hip-hop Cypress Hill tampil di konser yang tiketnya terjual habis pada hari Sabtu malam di Red Rocks Amphitheatre, ikon Colorado.

Miguel Lopez, penyelenggara Rally 420 Denver menegaskan bahwa perayaan hari ganja 420 ini bukan sekedar alasan kita untuk bisa menghisap ganja dengan bebas, tapi lebih dari pada itu, even 420 merupakan pernyataan politik dari orang-orang yang menginginkan pelarangan ganja segera diakhiri.

"Anda tidak harus menjadi pengguna ganja jika ingin hadir di acara 4/20. Anda tidak perlu menjadi gay untuk pergi ke acara festival “Pride.” Anda tidak harus menjadi orang Meksiko untuk ikut merayakan Cinco de Mayo," kata Lopez.

"Seperti itulah acara 420. Ini sebuah perayaan, 420 merupakan bentuk pernyataan dalam sebuah gerakan yang memperjuangkan keadilan dan kebebasan."

0 komentar:

Posting Komentar